Menu

Sabtu, 20 Maret 2010

*Repost - Ngerampok Notes FB-nya owner,, >.<* Making A Great BLOG By : Raditya Dika


Mw sharing ilmu bermanfaat dari orang gokil bin songong sejagat raya. Hm,, mungkin ada beberapa yg msih lum knal ma Raditya Dika, dia adalah penulis buku Kambing Jantan. bukan,, bukan,, bukan buku tentang peternakan,, pi ini buku isinya adalah Blog yang dijadiin sebuah buku. Asli konyol abis,,

Dan pendapatqu pribadi, Raditya dika dan tulisan”nya emang sma persis. Semua sikap dan tingkah lakunya ya emang yang di novel banget. Songong”nya,, trus sembarangannya, cra ngomongnya,, joke”original andalannya,, Memang orang gila berbakat tuh orng.

Kmaren pas ngikutin seminar yg pematerinya dia, q sempet nyatet beberapa tips dan trik dari tukang nulis blog yang cukup berpengalaman. Key,, here they are,,

BLOG,,
Apa itu blog ? menurut Dika, Blog Adalah :
1. Blog bukan Personal Blog
Mksudnya ? hehe,, jujur,, q juga gga begitu mengerti,, mungkin blog bukanlah untuk personal. Karena,, well,, its shared to all over the world (maapkanlah bhasa inggris acak adulqu ini), so yg bca gga cuman kmu, semua org, dri adek kakak, mama papa, tante oom, pade bude, nenek kakek, semua pengguna inernet bisa bca. So jngan berharap lu buat blog hanya untuk dibaca dirimu sendiri.

2. Blog adalah Diari OL,, ckckckc,,
Maksudnya,, jelas,, kebanyakan,, qt menulis kegiatan sehari”dalam blog, mayoritas abnget tuh,, mkanya blog bisa dikatakan sebagai Diari. Pi Onlen,, >.<

Membuat Blog
Jaman gini, udah bnyak Blog”yang tersedia buat qt,, tinggal bkin akun, trus tnggal entri mpe mampus,, berikut 2 contoh yang bsa digunain gratis.

www.Blogger.com -> ABG” biasanya pke ini, soalnya lebih bsa di “Macem”in,, jdinya bisa nunjukin karakteristik si empunya blog.

www.Wordpress.com -> kata oom dika, biasa di pake ma orang tua. Haha,, jadi wajar q panggil dia oom,, dianya ja pke fasilitas dri wordpress. Mungkin,, lebih ordinary aja ni blognya,, mkanya disimpulkan begitu oleh c kambing.

Isi atau Content Blog
Dapat dikreasikan sesuai dengan tujuan awal. Jika ingin dilihat org bnyak, a.k.a terkenal,, mka sesuaikanlah dengan org lain,, pi klu pengen lebih “AKU”, sesuaikan aja dengan diri sendiri. Gga jarang juga kok blog dengan dosis ke-“AKU”-an yg tinggi dikenal oleh bnyak orang.

Thema dalam Blog
Dalam menentukan thema yang akan menjadi patokan utama dalam blog anda, ada beberapa pemikiran yang bisa dijadikan pedoman. Yaitu :

 
1. Strategi Samudera biru
Maksudnya adalah,, cri samudra biru,, bukan samudra merah yang penuh dengan darah pekat akibat pertumpahan darah. Intinya,, cari sebuah tema yang unik, yang belum begitu banyak orang lain membahasnya. Dengan begitu, nggak perlu terlalu niat dan repot untuk bersaing dengan pengguna tema materi yang sama. Ya itu karena anda berenang di samudra yang masih biru,, (yg msih ngga ngerti,, tenang aja,, q yang nulis juga gga begitu nanggep. :DDD)

2. Jangan jadi followers
Jangan jadi Pengikut !!! sesuai dengan slogan Teknik elektro, “pelopor bukan pengekor” (halah,, gga nyamnbung). Jangan berfikir sama dengan org lain. Jangan jadi pengikut,, mentang”topic ini, atau tema ini lagi ngtrend,, trus ikut”an buat blog tentang itu,, haisss,, gga kreatip bro,, balik ke pemikiran sebelumnya lg,, ok? Selamat berpikir,,

3. Tulis Kegelisahan
Tulis kegelisahan,, atau mungkin tulis sesuatu yang membuatmu mengerutkan kening,, bahas segalanya dari sisi yang berbeda dengan yang setiap org pikirkan,, harus kritis,, dan unik,, pokoknya itulah,,


Elemen”penulisan blog

1. First sentence musti yang menarik.
[kata”pertama diblog-mu harus menarik,, tidak biasa dan membuat org penasaran,,]
Sebagai contoh :
* “gue bangun tidur pagi ini” -> asli hmbar banget kata”nya,, rite??
* “untuk pertama kalinya saya akan bercerita tentang sejarah SERATUS dalam hidup saya. Bukan karena cerita sejarah itu teramat besar, tapi justru krena keremehanya yg luar biasa.” Dee Lestari (see,, aneh,, menarik,, dan kebanyakan akan membuat qt terus membaca ke baris”selanjutnya)

2. Tulisan yang ekonomis
“90% of first draft is shit !”. mksudnya, draft pertama itu,, 90% qta selalu mubajir kata. Maka dari itu, baca kembali draft mu, kemudian pangkas kata”yang berlebihan, agar tulisan anda lebih teratur dan lebih enak dibaca.

3. Menemukan dan menggunakan Voice
Maksudnya adalah,, temukan identitas tulisan, karakteristik pribadi dalam tulisan mu, biar semua org tw itu tulisanmu,,

4. Cara Design
* “Breaking the norm"
(lupakan tata norma pewarnaan yang baik, msukkan karakteristik, that’s better.)
* “Keep It Simple, Stupid !
(simple is better,, bete juga kan klu liat blog yang terlalu heboh atau rame,,)
* “increase functionality"
(buat blog anda lebih fungsional, seperti penempatan tulisan, gambar dan link)
* “Take one design + run it
(pilih satu desain, dan jalankan sampai akhir hayat !! atau akhir mood untuk menulis blog,, :DDD)
* “Unique Blog design
(Unik,, unik,, unik,, I think u know what that mean,,)


Last, But Not Least,,
Pada intinya,, ada 4 Step yang harus diperhatikan agar Blogmu menjdi sesuatu yang bisa dibanggakan.
1. buat blog
2. Content!!!
3. Desain mendukung,,
4. Promote,,


Ok,, that’s all,,
Segitu doang yang bisa q terima pas seminar kemaren. Silahkan di praktekkan,, klian bisa share ke aku blog”kalian,, apalagi buat newbie”,, krna q juga masih butuh banyak belajar,, (alah,, ngku aja napa fris,, lu kan juga ru mw buat, y kan?? :DDD), koment ke sini,, or by wall by message,, insyaAllah, q bakal mampir,, aniwey,, ni blogqu,, klu klian sempet,, mampir yaa,,

http://livingonthecatseye.blogger.com

comment sekalian yaa..

NB :
Yang mw tw blog Raditya Dika yg sekarang ma FB + twitternya :
Blog : http://radityadika.com
FB+imel : raditya.dika@gmail.com
Twitter : radityadika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar